10 Trik Desain Tangga Rumah Minimalis

Trik Desain Tangga Rumah – Rumah minimalis dalam beberapa tahun terakhir masih menjadi primadona bagi masyarakat perkotaan. Lahan bangunan yang semakin mahal membuat pengembangan perumahan pun dibuat di atas lahan-lahan yang tidak terlalu luas. Namun lahan yang tidak terlalu luas bukan berarti rumah menjadi sempit. Banyak rumah minimalis ditawarkan bertingkat dengan desain yang menarik. Khususnya dalam desain tangga rumah minimalis ini pastinya sangat mengagumkan bagi banyak calon pembeli.

Trik Desain Tangga Rumah Minimalis Unik

Desain tangga di rumah-rumah minimalis ternyata sangat diperhatikan dengan detail. Bahkan sampai-sampai memungkinkan dibentuknya lemari bawah tangga dalam beberapa contoh yang sudah ada. Mengapa lemari di bawah tangga menjadi poin utama di rumah-rumah minimalis? Tentunya alasan tersebut berkaitan dengan pemanfaatan ruang sebaik mungkin. Anda tertarik ingin mengetahui trik mendesain tangga lainnya? Simak di bawah ini ya!

10 Trik desain Tangga Rumah Minimalis dan Estetis

Bagian yang perlu diperhatikan dalam desain tangga rumah minimalis ada banyak sekali ragamnya. Namun pada kesempatan kali ini ada 10 trik desain tangga rumah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Cobalah pelajari kesepuluh trik tersebut dan miliki tangga minimalis dan estetis di rumah Anda.

1. Tentukan Sudut Kemiringan Tangga

Hal terutama yang harus Anda perhatikan saat mendesain tangga adalah sudut kemiringannya. Trik dalam menentukan sudut kemiringan adalah maksimal kemiringannya 40 derajat. Jika lebih dari kemiringan tersebut, tangga yang dihasilkan akan sangat beresiko terkait keamanan.

2. Variasikan Lebar Tangga

Trik berikutnya untuk mendesain tangga rumah adalah mengenai lebarnya. Lebar tangga sebaiknya Anda variasikan sehingga dihasilkan pola yang menarik. Jadi walau ruang yang dijadikan tangga luasnya terbatas, hasilnya tetap estetis dan enak dipandang mata.

3. Pertimbangkan Tinggi Anak Tangga

Tangga tersusun dari anak-anak tangga yang saling terhubung. Setiap anak tangga ini memiliki tinggi yang sama. Sebaiknya Anda memperhatikan pengaturan tinggi anak tangga ini. Semaksimal mungkin Anda bisa membuat ukuran anak tangga 20 cm. Namun lebih disarankan jika tinggi antar anak tangga berkisar antara 15 cm sampai 18 cm.

4. Kreasikan Pegangan Tangga

Satu lagi bagian dari tangga yang bisa Anda kreasikan adalah pegangan (railing). Pegangan tangga ini tidak ada aturan bakunya. Bahkan saat ini untuk menghasilkan ruang yang lebih terkesan luas, banyak juga tangga yang tidak dilengkapi pegangan. Jika tetap ingin ada pegangan tangga, maka Anda bisa berkreasi dalam hal ukuran, peletakan, dan banyak lagi kreativitas yang bisa dicoba.

Baca Juga : 10 Ide Desain Rumah Minimalis Type 45 yang Modern

5. Kreasikan Ruang Multifungsi

Informasi yang tidak kalah penting berikutnya adalah trik menambahkan lemari bawah tangga. Anda harus mengkreasikan ruang multifungsi yang ada di bawah tangga. Cobalah cari ide untuk apa ruang itu ingin Anda gunakan. Sudah banyak yang saat ini menggunakannya sebagai lemari penyimpanan.

6. Gunakan Dinding Parapet

Bagi Anda yang ingin tangga rumah memiliki keamanan yang tinggi, maka gunakan dinding parapet. Dinding parapet adalah istilah yang digunakan untuk menamakan dinding pembatas pada tangga. Bahan dari dinding parapet ini ada banyak. Ada yang berupa kayu atau kaca dengan berbagai desain unik.

7. Gunakan Permukaan yang Anti Selip untuk Anak Tangga

Anak tangga adalah bagian yang dipijak saat akan menaiki tangga. Trik untuk memastikan keamanan tangga yang akan dibuat, pastikan bahwa Anda telah memilih bahan yang permukaannya anti selip. Jadi anak tangga tidak licin dan mudah menyebabkan orang lain terpeleset saat menaikinya

8. Gunakan Warna Anak Tangga yang Kontras dengan Lantai

Agar dapat terhindar dari resiko salah langkah saat naik ataupun turun, maka sebaiknya Anda memperhatikan beda kontras permukaan anak tangga dengan lantai. Pilihlah warna yang benar-benar berbeda. Hasilnya malahan akan semakin membuat visualisasi rumah Anda lebih unik.

9. Pertimbangkan Penggunaan Cat untuk Tangga

Cat untuk tangga adalah faktor penting berikutnya. Trik dalam hal mempertimbangkan penggunaan cat adalah pilih warna yang cerah. Rumah minimalis memang lebih dominan menggunakan warna yang kalem. Akan tetapi bagian tangga bisa lebih terang dan menjadi poin perhatian desain rumah Anda

10. Perhatikan Unsur Pencahayaan Tangga

Trik yang terakhir untuk mendesain tangga di rumah adalah dengan memperhatikan pencahayaan. Jika letak tangga rumah Anda memang agak gelap, letakkan lampu-lampu sepanjang tangga. Jadi tangga bisa aman dan sekaligus juga menarik dengan hiasan cahayanya.

Itulah tadi informasi mengenai beberapa trik desain tangga rumah minimalis dan estetis. Banyak sekali trik yang menarik dan sangat berfungsi bukan? Jadi Anda sekarang sudah bisa mulai menentukan seperti apa desain tangga rumah yang Anda harapkan. Selamat mendesain!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *